Objek Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi

17-04-2019 04:04

Objek Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi – Liburan/wisata dan honeymoon ke Lombok tidak ada salahnya jika anda mengelist tempat-tempat wisata yang akan anda kunjungi nantinya. Di setiap daerah di Lombok memiliki objek wisata yang cantik dan patut untuk anda kunjungi, berikut adalah objek wisata Lombok yang berada tersebar di beberapa daerah Lombok. Lombok Barat(beberapa Gili (Gili Kedis, Nanggu, Sundak dll), Kota Tua Ampenan, Bukit Malimbu, Desa Kerajinan Banyumulek, Bangko-Bangko (Desert Point), Taman Narmada, dll), Lombok Tengah (Pantai Kuta Mandalika, Pantai Tanjung Aan, Pantai Mawun dan Selong Blanak, Pantai Semeti, Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Setokel, Desa Adat Sade dll), Lombok Timur (beberapa Gili (Gili Kondo, Kapal, Bidara, Sunut, dll), Wisata Desa Sembalun, Patai Tanjung Bloam, Pantai Surga, Air Terjun Jeruk Manis, dll), Lombok Utara(Tiga Gili (Gili Trawangan, Meno, dan Air), Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Gangga, Air Terjun Perawan, Pantai Sire, Pantai Tebing, Desa Adat Gumantar, Lokok Piko).

Itulah beberapa objek wisata Lombok secara garis besar, kali ini saya akan menjabarkan beberapa Objek Wisata di Lombok Tengah

1. Pantai Kuta Mandalika

Kawasan wisata yang saat ini dikembangkan menjadi kawasan ekonomi khusus ini terletak di kabupaten Lombok Tengah, berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok. Kawasan wisata yang dihiasi dengan perbukitan hijau dan pantai dengan pasir putih yang bersih membuat kawasan wisata yang satu ini wajib anda kunjungi. Saat ini fasilitas yang ada di Kuta Mandalika sudah lengkap, mulai dari masjid, resort, restoran, dan fasilitas lainnya seperti snorkling, diving dll. Ditambah lagi dengan adanya sirkuit motoGP Mandalika yang telah dibangun di sana dan menjadi sirkuit jalanan pertama di dunia. Pembangunan Sirkuit Mandalika ini diperkirakan akan selesai 2020 nanti, dan akan digunakan pada ajang balap motoGP tahun 2021. Jadi jangan sampai ketinggalan..

objek-wisata
Pantai Kuta Mandalika

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai yang letaknya tidak jauh dari pantai Kuta Mandalika, tepatnya di sebelah timur pantai Kuta Mandalika ini juga tidak kalah memukaunya, masih dengan bukit yang hijau dan pasir putih yang unik berbentuk merica yang jarang ditemukan di pantai lainnya yang ada di Lombok. Di pantai tanjung Aan terdapat satu bukit kecil yang berbentuk kotak, dan sering dijadikan spot foto yang bagus oleh para pengunjung, dan tempat yang pas untuk menikmati keindahan pantai tanjung Aan dari ketinggian, jadi anda tidak perlu mendaki bukit yang tinggi.

Di kawasan ini juga sudah tersedia resort, warung, dan fasilitas pantai lainnya. Baik di pantai Kuta Mandalika dan pantai Tanjung Aan anda akan menemukan para penjual kaos, souvenir, dan kain khas Lombok.

objek-wisata-lombok
Pantai Tanjung Aan

3. Air Terjun Benang Kelambu

Kawasan wisata air terjun Benang Kelambu ini juga terletak di kabupaten Lombok Tengah tepatnya di desa Aik Berik kecamatan Batu Keliang Utara. Air tejun yang bagaikan tirai alam ini memang memiliki pesona yang luar biasa karena air yang jatuh ke bawah melalui semak belukar hijau terlihat seperti tirai yang menjuntai. Walaupun untuk menuju air terjun ini akan melatih kesabaran, semua jerih payah anda akan terbayar ketika sampai di air terjun ini. Keindahan air terjun dengan air bersih dan segar, suara air yang jatuh ke tanah, dan dengan dikelilingi hutan yang masih alami dan hijau membuat anda akan betah berlama-lama di air terjun ini untuk melupakan sejenak beban anda.

liburan-ke-lombok-air-terjun-benang-kelambu
Air Terjun Benang Kelambu

4. Desa Adat Sade/Ende

Desa Sade teletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah lebih tepatnya berjarak sekitar 5 km dari Bandara Internasional Lombok. Desa ini merupakan desa adat yang penghuninya masih menjaga tradisi Suku Sasak (suku asli Lombok), dimana bangunan-bangunan dan gaya hidup masyarakat disana masih tradisional dan primitive. Tetapi masyarakat desa adat Sade tidak menutup diri dari para wisatawan, sehingga desa ini dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Lombok Tengah.

Bagi anda yang ingin tau lebih banyak mengenai Suku Sasak, desa inilah tempatnya, karena adat dan budaya Suku Sasak masih terjaga keasliannya. Dan anda juga bisa berburu oleh-oleh kerajinan khas Suku Sasak seperti kain tenun yang langsung ditenun oleh wanita Suku Sasak, dan berbagai cindera mata khas Lombok. Tidak hanya berburu oleh-oleh kain tentun dan cinderamata, di Desa Sade ini anda bisa menyaksikan berbagai kesenian Suku Sasak seperti peresean, gendang beleq, tari petuk dll.

5. Desa Tenun Sukarara

Selain Desa Adat Sade, tempat berburu oleh-oleh kain tenun khas Lombok adalah Desa Sukarara. Berlokasi di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Desa Sukarara menghasilkan kain tenun songket dan kain tenun ikat. Keistimewaan kain tentun dari Desa Sukarara dibandingkan dengan kain tenun dari Desa Sade dan Banyumulek adalah terdapat benang emas di motif tenunnya dan motif tenun songket Sukarara memiliki kerumitan yang berbeda dengan motif tenun yang lain. Hasilnya halus dan tidak diragukan lagi kualitasnya.

Kain tenun di Desa Sukarara dibuat oleh para wanita Desa Sukarara tanpa bantuan mesin. Benang yang dipakai juga benang berkualitas sehingga menghasilkan kain tenun yang halus, berkualitas, nyaman dipakai, dan warnanya tidak mudah luntur. Pewarna yang digunakan bukan pewarna buatan, melainkan pewarna alami dari getah tumbuh-tumbuhan. Desa Sukarara wajib menjadi list tempat yang akan anda kunjungi ketika liburan ke Lombok untuk berburu oleh-oleh kain tenun khas Lombok.

Itulah beberapa destinasi wisata Lombok Tengah yang harus anda kunjungi ketika liburan di Lombok. Untuk objek wisata Lombok Tengah lainnya akan dibahas di artikel berikutnya, ditunggu ya ..

Baca juga info paket tour wisata Lombok

Read more...