Buku Abi

21 Jul 19
Fevtri Sjahrir

Stayperience (Staycation Experience) di Wonderloft Hostel Kota Tua Jakarta ini sebenernya sama sekali nggak masuk dalam daftar rencana. Hal yang bener-bener diluar dugaan tapi bikin ketagihan sampe nggak pengen pulang. Hahahaha. 6 Juli 2019 aku berangkat dari Semarang dengan tujuan Cawang Jakarta Timur untuk Staycation di salah satu Hotel. Tapi karena kesalahanku, akhirnya jadwalku harus […]

20 Jul 19
Diandra

Kira-kira jam 20:00 malam, gue baru keluar dari gedung klien, siap numpang mobil instruktur ke halte busway. Abis itu, gue ga gitu merhatiin jam lagi. Bolak balik cek jam sih, tapi buat ngecek udah berapa langkah kaki yang gue dapetin saat itu. Gue masuk ke bus TJ. Lengang. Iyalah, Sabtu malem. Gue bosen dan ngeluarin […]

20 Jul 19
pinktulip

Karakter Baik Sahabat Rasul Semenjak menerima paket buku, anak-anak masih suka didongengin buku ini. Kali ini kisah Saad bin Abi Waqqash. Saad adalah sepupu Rasul dari keluarga Ibu. Dia dikenal pemanah yang hebat, karena sejak kecil suka memanah. Saat masuk Islam Sa’ad ditentang Ibunya, sampai Ibunda mogoknxxźgak mau makan asal Saad mau kembali ke agama […]

20 Jul 19
Senyumkebaikan

Abi mengawali akhir pekan ini dengan gagasan “Sabtu-Ahad nyariosna nganggo bahasa Inggris yuk ah Mi!”. Hoaaa… Tantangan baru lagi. 😂 Kemudian Abi mengingatkan kembali tentang pengalaman Ummi yang pernah belajar ke Pare. Duhh, rasanya malu kalau diingatkan hal itu, karena sebetulnya Ummi lebih banyak mainnya daripada belajarnya. Ckck. Lalu Ummi teringat pada buku catatan & […]

19 Jul 19
My Parenting Journey

Pulang sekolah, seperti biasa Bunda minta zaky bercerita ngapain aja di sekolah, bagaimana perasaannya, dsb. Sambil bercerita, zaky seperti teringat sesuatu dan mengambil kertas kosong dan pensil. Duduk di meja makan lalu lanjut cerita kalau tadi abis belajar gambar snail di sekolah. Dia mengulang lagi membuat gambar siput tanpa mencontoh. Sesuai yang diingat saja. Rupanya […]

19 Jul 19
ALIVE

Kadang kalau lagi capek dan males-malesnya sama hidup, suka iri liatin kucing peliharaan di rumah yang kerjaannya geletakan, manja-manja sama ibu terus dikasih makan, geletakan lagi sampai akhirnya tidur. Ngga jarang jadi suka berharap “mau jadi kucing aja deh” padahal belum tentu hidup si kucing itu juga damai dan lurus-lurus aja. Kadang kan ada persaingan […]

19 Jul 19
Warung Nalar

Artikel menarik dan menggelitik tentang jenggot ditulis oleh Geert Jan van Gelder berjudul “Rebarbative Beards in Classical Arabic Literature” (2018).[1] Ustad Geert Jan van Gelder al-Hulandi ini seorang profesor bahasa Arab. Pernah menempati posisi profesor Laudian Professor of Arabic, sebuah lembaga akademis (di University of Oxford) yang telah eksis sejak 1636

19 Jul 19
daily journal

Preface : saat posting ini terbit, saya udah resmi jadi siswa Alterra Academy QE Batch 2. Hari ini adalah pertemuan pertama. Wish me luck and hope I can finish this bootcamp well. Nope, bukan Jamaah Al-Terra ITB. This is Alterra Academy. Salah satu yang pertama di Indonesia untuk urusan beginian. Puji Tuhan banget bisa lolos […]

18 Jul 19
Bekalan Akhirat

Wudhu’ diambil dari perkataan (الوضاءة) iaitu kebersihan dan kesegaran. Dari segi syarak: wudhu’ merupakan penggunaan air bagi membasuh anggota-anggota yang dikhususkan. Dinamakan wudhu’ kerana menyucikan dan menyegarkan. Terdapat juga syarat, fardhu serta sunatnya yang harus disempurnakan. (Lihat Al-Mu’tamad Fi Al-Fiqh Al-Syafie, 1/69) Pensyariatan wudhu’ Perintah Allah S.W.T di dalam Al-Quran يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ […]

18 Jul 19
Ibu Pembelajar

#gamelevel4 #hari4 #institut.ibu.profesional #kuliahbundasayang #tantangan10hari #ilovetolearn Kmaren kan mba sudah bermain² dengan angka. Hari ini umi ajak mba untuk bermain dengan huruf. Karna mba tipe kinestetik yg harus bergerak dan memegang bendanya, maka umi sediakan huruf kecil² dari kayu, mulai dari huruf a – z. Awalnya umi tulis² nama mba, adek, abi, umi, kmudian minta […]

17 Jul 19
Teppy and Her Other Sides

Memasuki umur 32 di tahun 2019 ini, gue sadari, gue yang pada dasarnya udah overthinking ini jadi orang yang semakin banyak (dan semakin sering) mikir.  Have I managed my life right? Apa ya yang bisa gue koreksi, perbaiki, kurangi, atau tingkatkan dari hidup gue? Am I happy? Apakah gue sehat fisik dan sehat finansial? Kalo […]

17 Jul 19
Courage

Biografi Syaikh; Sang ahli hakikat dan penutup para wali; Sayyidi Abul Abbas Ahmad bin Muhammad At-Tijany Ra. Beliau adalah Sayyidi Abu Al Abbas Ahmad bin Muhammad bin Al Mukhtar bin Ahmad bin Muhammad bin Salim bin Al lid bin Salim bin Ahmad bin Ahmad bin Ali bin Abdullah bin Al Abbas bin Abd Al Jabbar […]

17 Jul 19
Mahdiah Maimunah

“Oi abis pulsa? Mungkin kita perlu beli es krim, duduk bareng, sambil diskusi/cerita2 bareng… nanti kamu bakalan tau, kalau adek mu ini udh superr keren dalam berpikir dan tindakan :p selamat malam 😉 ” Sejujurnya aku mengakui bahwa aku kalah bijaknya dibanding adikku. Di atas adalah pernyataan pribadinya yang sangat tenang saat semua mempertanyakan keseriusannya […]

17 Jul 19
thebukukita

SEJARAH DAULAH UTSMANIYAH Penulis: Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi Sinopsis: Daulah Utsmaniyah (Ottoman Empire) merupakan pemerintahan terbesar dan terkuat dalam sejarah dunia Islam. Dengan wilayah kekuasaan yang membentang seluas sekitar 20 juta km persegi dan meliputi tiga benua, membuatnya disegani oleh bangsa-bangsa Eropa pada masa itu. Perjalanan sejarah Daulah Utsmaniyah memiliki banyak alasan penting untuk […]

17 Jul 19
Anbars'

Tulisan ini merupakan lanjutan dari ini dan ini. Penyebab islam seseorang menjadi batal dan bagaimana menentukannya Muhammad bin Abdul Wahhab1 merangkum bahwa terdapat 10 pembatal keislaman2, yang menyebabkan pelakunya menjadi kafir, disingkat dalam 10 poin berikut ini: Syirik dalam beribadah kepada Allah Menjadikan perantara di antaranya dan diantara Allah, berdoa dan meminta syafaat kepada mereka. […]